kursor

Selasa, 05 Juni 2012

Puasa yang benar

BAB 4 " Puasa Daniel."




Yang di maksud dengan puasa Daniel, sebenarnya bukan puasa dalam arti tidak makan makanan, tetapi lebih bermakna pantan. kisahnya bisa dinikmati dalam daniel 1:1-18. dalam perikopnya dikisahkan bagaimana Daniel berpantang selama 10 hari, dan seterusnya, tidak makan daging dan minum anggur yang di sajikan Raja Nebukadnezar, tetapi lebih memilih sayur-sayuran. dan ternyata , setelah 10 hari ujian itu dilakukan, daniel dan teman-temannya, yakni hananya, misael dan azarya memiliki kepandaian 10 kali lebih cerdas di bandingkan semua orang berilmu dan semua ahli jampi di seluruh kerajaan itu. bahkan di kisahkan, Daniel dan kawan-kawan terlihat perawakan mereka lebih baik dan mereka kelihatannya lebih gemuk dibandingkan semua orang muda yang telah makan dari santapan Raja. next disini.. hehe


tak hanya sekedar tidak makan daging dan minum anggur, tetapi Daniel memiliki keyakinan, bahwa keputusannya untuk berpantang karena tidak ingin menajiskan diri dengan makanan Raja. dan apa yang di lakukan Daniel  ini berkenan di hadapan Tuhan sehingga Daniel dan teman-temannya dikaruniai pengetahuan dan kepandaian tentang berbagai tulisan dan hikmat, Daniel juga memiliki pengertian tentang berbagai-bagai penglihatan dan mimpi.


dalam Daniel 6:1-29 kita dapat menikmati kisah dimana daniel berusahah di bunuh oleh para wakil-wakil raja karena iri hati mereka terhadap posisi politik daniel yang lebih tinggi dari mereka. Daniel di angkat dengan kedudukan melebihi para pejabat tinggi dan para wakil raja, karena ia memiliki roh yang luar biasa. dan dikisahkan, raja akhirnya mengeluarkan peraturan yang tidak bisa dicabut, bahwa tidak ada seorang pun yang boleh menyembah dewa atau manusia, selain kepada raja. mereka yang melanggar dalam jangka 30 hari, maka akan dilempar kedalam gua singa. mendengar hal tersebut, Daniel rupanya tetap menjalankan doanya kepada Allah. akhirnya Daniel ditangkap dan dimasukkan kedalam kandang singa. tetapi Tuhan melindunginya, Daniel tetap selamat.


Hal yang menarik untuk kita pelajari adalah cara Daniel berdoa selama iya berpantang. dikisahkan bagaimana Daniel berdoa di rumahnya. " dalam kamar atasnya ada tingkap-tingkap yang terbuka ke arah Yerusalem; tiga kali sehari ia berlutut, berdoa serta memuji Allahnya, seperti yang biasa dilakukannya." (daniel 6:11). Daniel tidak berdoa di istana Raja , tetapi dikamarnya. Dia berdoa di tempat yang sama seperti yang biasa dilakukannya. jika anda meniru gaya Daniel dalam berpantangan, tetapi anda tidak merubah cara atau gaya doa anda, itu sama saja. jika anda berpantang, anda harus doa tiga kali sehari seperti layaknya Daniel. doa daniel itu bukan seperti mengatakan "terima kasih ya Tuhan untuk makanan dan minuman ini." BUKAN SEPERTI ITU! Tetapi daniel  BERLUTUT, BERDOA  serta  MEMUJI ALLAH.


 biasakan;ah berdoa di suatu tempat yang sama, seperti yang daniel lakukan. jika anda memiliki kamar berlebih dirumah anda bisa menggunakannnya secara KHUSUS untuk berdoa. dimana tidak ada suara TV suara anak-anak bermain, tetapi ruangan yang tenang dan teduh. atau kalau anda tak cukup kamar, anda bisa menggunakan suatu sudut ruangan, menggelar karpet disana, dan KHUSUSKANLAH SUDUT ITU UNTUK BERDOA. itulah " HOLYGROUND"  anda, yakni tempat yang dikduskan untuk berjumpa dengan Tuhan.


kalau puasa Nehemia digunakan untuk memohon sesuatu yang sudah lama kita doakan bertahun-tahun. tetapi belum kitaperolehm maka puasa Daniel bukan untuk meminta sesuatu. puasa Daniel adalah puasa yang bertujuan agar kita memiliki roh yang kuat. bagaimana caranya? daniel berdoa tiga hari sekali, tidak makan daging dan mencari wajah Tuhan dengan setia. ada yang bertanya kalau kita berkerja mungkinkah kita berdoa tiga kali sehari?? bisa, misalnya sewaktu anda pulang kerja yakni jam 5 sore, sampai rumah jam 6 sore anda bisa mulai berdoa selama 30 menit sampai 1 jam. kalau anda tidur jam 10 atau jam 11 malam maka sebelum tidur, anda bisa berdoa sekali lagi.. dan pagi- pagi benar setelah anda bangun, anda bisa meluangkan waktu kembali untuk berdoa. jangan sampai karena anda bekerja lalu anda hanya berdoa selama 5 menit. jika demikian anda TIDAK USAH BEPANTANG.!  doa dalam puasa daniel, minimal 30 menit. dan kalau bisa makin hari makin ditambah durasi waktunya,.


Banyak orang kristen yang kebingungan ketika harus berdoa selama 30 menit atau 1 jam atau lebih. mereka bertanya, apa saja yang di perbincangkan, apa saja yang hendak di katakan dengan waktu selama itu. ini adalah persoalan signal kita dengan Tuhan. puasa dengan gaya daniel adalah untuk memperkuat sinyal ( ROH) kita agar dapat berkomunikasi dengan Tuhan.


Layaknya sebuah telp, jika tidak ada signal, tetapi tetap saja anda tekan nomornya, lalu anda berbicara, padahal tidak ada singnal, bukankah anda tak  ubahnya orang gila. teori ini jelas, kalau tidak ada singnal, maka kita tidak bisa berbicara lama. jika tidak ada signal  maka sia-sia anda berbicara di telp. apa yang dilakukan oleh daniel adalah untuk memiliki roh yang kuat supaya dia mendapat signal.


ada paradoks yang lucu diantara umat kristiani, dimana kalau berbicara di telp dengan teman-temannya, bisa dilakukan satujam lebih, dari batete full sampai lowbat, tetapi kalau diminta doa baru 2 atau 3 menit, ia sudah kehabisan bahan tidak tahu mau berbicara apa. ini artinya orang tersebut tidak memiliki signal dengan Tuhan, sehingga tidak bisa bicara banyak.ada juga , dimana orang kristen kalau membaca koran atau majalah, bisa berjam-jam dan tidak bosen, tetapi ketika di minta untuk membaca kitab suci baru 2 ayat saja sudah bosen dan ngantuk. ini juga artinya dia tidak memiliki signal yang kuat dengan Tuhan. Alkitab itu bukan buku hiburan, bukan buku untuk tubuh, tetapi untuk ROH. apa yang ada di dalamnya Roh hanya bisa ditangkap oleh roh/ demikianlah. kalau roh didalam diri kita kuat, maka kita akan mudah berkomunikasi dengan Roh Tuhan. sebaliknya klo roh kita lowbat, kita tidak akan bisa berdoa dengan benar. anda harus memiliki signal yang kuat, setelah itu anda baru bisa ngobrol dengan Tuhan dalam jangka waktu yang lama


masalah lain yang dihadapin orang kristen dalam berdoa adalah ketika berlutut, mereka langsung minta ini dan itu kepada Tuhan. minta untuk istrinya, untuk gerejanya, dan untuk masalah-masalah lainnya. permohonannya terlal banyak, sampai-sampai kalau Tuhan bisa berbicara langsung akan mengatakan, " apa? apa?.. kamu ngomong terlaulu cepat!" kalau kita membaca Alkitab, dari kejadian sampai wahyu, tidak ada permohonan yang terlalu banyak. orang buta yang dikisahkan dalam Alkitab hanya memiliki satu permohonan yakni supaya bisa melihat. begitu juga orang yang kusta hanya minta ditahirkan. mereka tidak minta supaya anaknya dapat pekerjaan , supaya mertuanya sembuh dari penyakit dan permintaan lainnya. begitu juga dengan Yeusu Ia berdoa untuk satu Hal saja. " kalau boleh biarlah cawan ini berlalu daripada-Ku."


dalam berdoa, kita harus belajar seperti seorang penembak jitu (snipper), dimana dia tidak menghabiskan pelurunya , tetapi cukup mengambil satu peluru dan kena pada sasaran. atau seperti seorang pemanah, dia mengambil anak panah satu persatu, lalu dibidik pada sasaran yang tepat dan baru di lepas. baik penembak jitu dan pemanah, mereka tidak menghabiskan waktu untuk memberondong peluru atau anak panahnya, tetapi menghabiskan waktu untuk membidik pada sasaran yang tepat.

kriteria dalam puasa daniel adalah menjadi orang benar, lalu apa kriteria orang benar itu, supaya kita memiliki kuasa dalam doa dan puasa kita? kita bisa baca di kisah para rasul 10 yang menceritakan tentang kornelius. adalah orang benar karena melakukan apa yang Tuhan kehendaki. jadi orang benar adalah orang yang tidak melakukan apa yang tidak boleh dilakukan, atau setidaknya mengetahui apa yang benar dan apa yang tidak benar. anda  dapat berhenti " puasa daniel"  setelah jangka waktu yang ditetepkan dan merasakan bahwa roh anda cukup "kuat"  . apabila anda merasa roh sedang lemah, malas membaca Alkitab, malas berdoa berarti "signal" anda sedang lemah, anda harus kembali berpuasa Daniel sampai roh anda kuat kembali.

Jbu

To be continue...