kursor

Minggu, 03 Juni 2012

Puasa yang benar.

BAB 3 " Puasa Nehemia"


Puasa Nehemia adalah Puasa yang dilakukan oleh nabi Nehemia. dalam Nehemia 1:1-4 di katakan, "............. aku menanyakan mereka tentang orang2 yahudi yang terluput, yang terhindar dari penawanan dan tentang Yerusalem. kata mereka kepadaku : orang2 masih tinggal di daerah sana, yang terhindar dari penawanan , ada dalam kesukaran besar dan dalam keadaan tercela. tembok Yerusalem telah terbongkar dan pintu gerbangnya telah terbakar. ketika ku dengar berita ini, duduklah aku menangis dan berkabung selama beberapa hari. aku berpuasa dan berdoa di hadirat Allah semesta langit." disini di kisahkan apa yang mendorong Nehemia untuk berdoa dan berpuasa kepada Allah semesta langit, yakni kondisi orang israel dan terbongkarnya tembok yerusalem. Nehemia bersedih bahkan sampai menangis dan berkabung, lalu apa yang terjadi setelah Nehemia  berdoa dan berpuasa,?? kisahnya dapat anda baca dalam Nehemia 2:1-10, dimana dikisahkan Raja Artahsasta akhirnya mengabullkan keinginan Nehemia  untuk ke Yehuda, supaya bisa membangunnya kembali dari kehancuran. bahkan sang raja akhirnya memberikan surat kuasa kepada Nehemia agar ia sampai Yehuda dengan selamat.
Tembok Yerusalem dibangun ketika masa salomo berkuasa. kalau anda pergi ke Yerusalem, maka tembok yang didirikan Nehemia ini, bekasnya masih ada. yang dimaksud dengan batu untuk tembok Yerusalem, itu bukan batu seperti negara kita, tapi batu dengan ukutan yang besar, sebesar minibus atau angkot di Indonesia dan setinggi manusia dewasa. jadi upaya untuk membangun kembali tembok Yerusalem adalah upayah yang luar biasa berat. dalam hal ini, Nehemia Berdoa dan berpuasa, meminta kepada raja Artahsasta supaya di ijinkan untuk membangun kembali tembok Yerusalem. Nehemia adalah orang Yahudi, warga Israel yang pada waktu itu dikalahkan oleh orang Babel. ketika babel mengalahkan israel, mereka membongkar bait Allah  yang didirikan Salomo untuk mengambil Emas murni yang melapisi dinding2nya. dikisahkan nehemia  membangun kembali bait Allah lebih dari 40 Tahun, dengan ribuan orang yang mengerjakannya da dengan biaya yang sangat besar. itulah, kita kita bisa membayangkan, betapa kontroversialnya pertanyaan Yesusu ketika mengatakan , Dia akan mendirikan bait Allah dalam waktu 3 hari.

anehnya, ketika Nehemia membangun bait Allah kembali, Tuhan memakai orang2 persia untuk pekerjaan ini Nehemia membutuhkan lebih dari 10 ton emas murni untuk merekonstruksi bait Allah itu. yang menjadi pertanyaan adalah mengapa Raja artahsasta mengabulkan permintaan Nehemia? jawabannya karena Tuhan mengabulkan permintaan Nehemia yang dilakukan dengan berdoa dan berpuasa.

berapa lama Nehemia berpuasa? dikisahkan Nehemia mulai berpuasa bulan KISLEW ( November) sampai bulan Nisan (maret). jadi Nehemia berpuasa sekitar 5Bulan. mengapa Nehemia berhenti Puasa? karena pada bulan Nisan (maret)Tuhan sudah mengabulkan doanya. jadi inilah model puasa nehemia. Yakni, berdoa dan berpuasa sampai Tuhan mengabulkan permohonannya. kslsu seandainya Tuhan sudah mengabulkan permohonannya dalam waktu 3 Bulan, maka ia berhenti di bulan ketiga.

suatu kali ada seorang yang hidupnya ngontrak rumah terus menerus. umurnya lebih tua dari saya. suatu kali, dia bercerita kepada saya tentang keadaannya dan mengatakan kalau dirinya perlu sebuah rumah. lalu saya bertanya, " apakah Bapak sudah berdoa?" dia menjawab kalau dirinya sudah bosan berdoa karena Tuhan sampai sekarang belum menjawab doanya. lalu saya bertanya kembali, " apakah Bapak pernah puasa?" dia menjawab belum. " cobalah bapak berpuasa," demikian nasehat saya. lalu saya mulai mengajari dia bagaimana caranya berpuasa. ternyata setelah berpuasa, dia mendapatkan berkat dari perusahaannya, dimana akhirnya bisa membeli rumah dengan membayar sebagian dan sebagian kredit. bapak ini akhirnya tidak perlu kontrak-kontrak lagi. ada  lagi seseorang yang sudah memiliki 3 orang anak. tetapi hingga saat itu  dia tidak memiliki mobil,sehingga kalau mau pergi kemana-mana harus naik motor bersama keluarganay. naik satu motor berlima, selain tidak nyaman tentu jg tidak aman. dia menceritakan kepada saya., ingin sekali memiliki mobil. lalu saya menyarankan agar dia melakukan doa dan puasa. dia mengikuti saran saya dan tiba-tiba mendapatkan mobil dari kantornya.

 saya percaya Tuhan bisa menjawab doa-doa kita semua. ada pasanganan yang sudah lama menikah tapi tidak punya anak. lalu mereka berdoa puasa, hingga Tuhan memberikan anak-anak kepada mereka. nah, bukankah lebih baik kita berpuasa beberapa puluh hari sampai Tuhan mengabulkan doa kita, daripada kita harus berkekurangan selama bertahun-tahun.

gaya puasa Nehemia adalah gaya puasa dimana dari matahari terbenam samapai matahari terbenam, yakni 24 jam penuh. hanya boleh makan sekali saja. model puasa Nehemua tepat di gunakan untuk sebuah permohonan yg tidak harus hari inidi perbolehkan. dikabulkan besok juga tidak apa-apa, di beri jawaban tiga bulan lagi juga tidak apa-apa. doa dan puasa model Nehemia adalah doa permohonan anda yang telah sekian lama anda harapkan tapi belum mendapat jawaban dari Tuhan, misalnya untuk kebutuhan MOBIL, RUMAH, MENCARI JODOH, MENDAPATKAN KETURUNAN dan lain- lain. dengan doa dan model puasa Nehemia, kita mencari kemurahan hati Tuhan sampai Tuhan mengabulkan  apa yang kita harpakan.



To be continue